Pengen Tanya: Tips Mulai Nulis



Sambil menikmati segelas cokelat hangat yang menjadi temen gue di setiap malam untuk mengistirahatkan pikiran sejenak. Sebagai seorang penulis yang bersemangat. Yap, semangat seorang penulis harus di kedepankan. Sebelumnya gue mau berterimakasih buat para pembaca blog gue, karena kalian postingan ini ada.

Berawal dari banyaknya pertanyaan yang diajukan buat gue tentang dunia kepenulisan. Entah, salah bertanya atau apa. Sebenarnya posisi kita sama, sedang dalam proses belajar. Saat ini gue sedang berusaha mengetik huruf demi huruf yang sekarang sedang lo baca.

Gue akan mencoba menjawab beberapa pertanyaan yang sering diajukan dan gue belum sempet jawab, jadi sekalian aja gue jawab lewat postingan ini. So, selamat membaca!


“Gimana sih cara mulai nulis?”

Ya, simple aja. Langsung mulai nulis, jangan banyak tanya.

“Gue pengen jadi penulis, tapi susah banget mau mulai nulis. Tipsnya?”

Salah satu penyakit seseorang belum mulai tapi udah kebanyakan mikir. Nggak bisalah, susahlah, gara-gara tukang bakso nggak lewat jadi gue nggak nulis-lah, apalah, hasilnya kepusingan. Yang paling pertama dan utama adalah mulai terlebih dahulu. Selanjutnya, liat aja nanti setelah lo udah mulai.

“Hal pertama saat nulis?”

Ya, mulai nulis. Selanjutnya, otak lo pasti akan secara otomatis bekerja dengan sendirinya.

“Gue udah mulai nulis, tapi gue bingung mau nulis apa?”

1. Tentuin genre tulisan lo terlebih dulu. Entah itu absurd, puitis atau romantis.

2. Gali inspirasi tulisan dengan banyak membaca.

“Niat jadi penulis tapi kadang males nulis padahal udah banyak inspirasi yang didapat, itu gimana?”

Niat pengen jadi penulis tapi masih suka males itu sama aja kayak mau berenang tapi nggak mau basah. Ya, nggak akan bisa. Males itu musuh yang harus dilawan sama diri sendiri. Kalo udah punya banyak inspirasi sih dicatet dulu biar nggak lupa. Selanjutnya mulai nulis aja intinya.

“udah mulai nulis tapi tiba-tiba stuck dan bingung mau gimana ngelanjutin tulisannya?”

Biasanya kalo gue nggak maksain buat lanjut nulis, karena gue yakin pasti berantakan. Kalo udah ngalamin gitu, gue biasanya refreshing dengerin musik sambil bacain buku atau artikel orang lain. Setelah pikiran udah plong, baru deh ngelanjutin tulisannya.

“Gimana sih cara menjadi penulis yang hebat?”

Banyakin belatih dan banyak membaca karena penulis yang hebat adalah pembaca yang rakus.

Menulis adalah suatu cara untuk bicara, suatu cara untuk berkata, suatu cara untuk menyentuh seseorang tanpa sentuhan. Cara itulah yang bermacam-macam dan disanalah harga kreativitas seseorang ditimbang-timbang.

Segitu dulu pertanyaan yang gue bisa jawab di segment ini. Gue akan coba buat jawab pertanyaan kayak gini lagi berikutnya ;))

“Menulislah, maka namamu akan abadi…”

33 comments

Waaah oke banget tipsnya. baiklah *dicatat* :D

Reply

Bener tuh kalo mau nulis, langsung aja nulis kagak usah banyak mikir. Just do it! :)))

Reply

setuju,yang penting sih jauh-jauh deh dari malas

Reply

*Catat tips nya
Yang penting itu mulai nulis, masalah hasil tulisan belakangan. Hahahaha

Reply

kalau mau nulis ya nulis aja. itu aja :D
setuju setuju setuju

Reply

bener, banyak mikir pusing nanti ujung-ujungnya malah nggak jadi nulis.

Reply

Tul. Malas adalah musuh yang harus diperangi,

Reply

Keren nih tulisannya :-)

Cara mulai nulis ya langsung nulis. Yes, as simple as that hehe. Kebanyakan mikir ini itu malah ujung2nya ga jadi nulis. Gua kadang kalo udah stuck di tengah proses nulis... langsung me-refresh otak dengan musik, nonton film atau baca buku. Biasanya dari ketiga hal itu nantinya dapet ide apa yang mau ditulis.

"Banyakin belatih dan banyak membaca karena penulis yang hebat adalah pembaca yang rakus" --> setuju bro, kadang orang menyepelekan aktivitas membaca, maunya langsung dapet ide nulis dan tulisannya langsung kelar hehe. Semakin banyak membaca otomatis semakin banyak kosakata yang diinget.

Reply

Thanks, sering-sering mampir dong.

Reply

“Gimana sih cara mulai nulis?”

Ya, simple aja. Langsung mulai nulis, jangan banyak tanya.

setuju bangeet kak.hhhaha
masalah utama aku sih kadang suka banyak ide tapi minim waktu,pas udah dapet waktu,gak mood dan akhirnya gagal lagi buat nulis. hihihiji

Reply

Kalo kata Pramoedya A. Toer sih , "Nulis, ya, nulis aja!" Hehehe

Reply

Kalo kata Pramoedya A. Toer sih , "Nulis, ya, nulis aja!" Hehehe

Reply

Wah, faq yah ? Gue juga bingung sama orang yang nanya "cara nulis gimana ?" Itu lo udah nulis, make tanya lagi~

Reply

Keren 👍

Sebutsajatius.blogspot.co.id

Reply

sukaaaaaaa sama postingannya :)

Reply

Intinya sih menulis dan membaca. Menulis tanpa membaca, lo mau nulis apa?

Btw, tulisannya bagus, menginspirasi!

Reply

Yaaap... Baca baca Dan baca.. Itu yg gu stujui.. Dan.. Buat nulis "writing is rewriting" :)

Reply

Gimana sih biar bisa jadi penulis hebat?
Jadilah penulis tidak hebat terlebih dahulu!

Yang penting mulai menulis. Mau tulisan keren? Tulis aja tulisan jelek sebanyak-banyaknya! Lihat nanti hasilnya! Yg baca bakal bilang keren! Sebab penilaian pribadi sama pembaca jauh berbeda hahaha

Reply

Setuju banget. Mau jadi penulis tapi belum punya tulisan, bingung cara nulis..padahal mah tinggal ketik aja yak. Dan membaca, iya, selain memperluas khasanah wawasan juga menambah ragam diksi

Reply

isi tulisannya jleebb dalem banget
dan sekarang gw tau apa yang harus gw lakukan ketika gw malas untuk nulis

Reply

mantap, jd semangat nulis lagi

Reply

penyakit saya adalah kehilangan ide saat ditengah cerita, dan merasa tulisan saya 'kok jelek ya'. jadi malas untuk meneruskan. mungkin ada teman2 yg bisa membantu

Reply

penyakit saya adalah kehilangan ide saat ditengah cerita, dan merasa tulisan saya 'kok jelek ya'. jadi malas untuk meneruskan. mungkin ada teman2 yg bisa membantu

Reply

setujuuuuu tipsnya mau jadi penulis ya nulis, kalau ada yang nanya tipsnya ya nulis aja sendiri dari hati pasti nanti akan dapet soul-nya *syaelaaahhh

Reply

Kalau pengen lebih pinter lagi...ada buku panduannya loh... Cari deh di priceza.co.id

Reply

"ngga tau mau nulis apa".

bullshit, tinggal tulis apa yang mau ditulis dan itu kelar. hahaha, gue ga mau jadi penulis, jadi blogger lebih menyenangkan

Reply

Owh ... benar banget tuh

Reply

Males emang musuh terbesar, ga hanya dalam tulis menulis. Sesuatu yg ingin dikerjain kalo udh Males ya pasti ujung ujungnya kaga dikerjain. Palingan cuma dipikirin terus.

Btw, saya suka kata kata penutup ny, 'Menulis adalah suatu cara untuk bicara, suatu cara untuk berkata, suatu cara untuk berkata, suatu cara untuk menyentuh seseorang tanpa sentuhan.' ijin copas ya sob..


Nice Post!

Reply

Iyaa bnran, pas udah setengah nulis lalu stuck, di bawa tidur eh bangunnya malah malas ngelanjutin.

Reply

Post a Comment