Dipaksa Pintar



BBM naik, BBM naik, nggak masalah BBM naik asalkan jangan pending terus…

Bukan, bukan Bahan Bakar Minyak yang gue maksud, tapi Blackberry Messenger yang biasa disigkat BBM. Ya, siapa yang nggak kenal sebuah fitur chatting yang tersedia bagi pengguna Smartphone BlackBerry, tapi sejak penghujung tahun 2013 memutuskan untuk lintas platform. Artinya penikmat ataupun pengguna aplikasi chatting ini bisa digunakan di berbagi jenis Smartphone lainnya seperti iOs dan Android.

Gue bingung, bisa dikatakan smartphone itu dari mana asal muasalnya? Toh, waktu beli hp nggak ada test ujian baik tulis maupun lisan, iya kan? Apa karena aplikasinya yang lengkap dan bisa beroperasi secara massal dalam satu hp? Gue yang oon atau mas yang jaga gerai hpnya sih.

Blackberry Messenger atau BBM adalah alat bantu komunikasi yang sering digunakan tanpa harus repot minta nomor hp, bisa kirim catatan suara, gambar, dan lain-lain. Sampai ada cetusan kata “hari gini masih SMSan? BBMan dong!!!” alaaah, bbm pending terus.

Gue tulis ini bukan berarti gue apatis sama pengguna BBM, bukan juga karena gue dari kubu anti BBM dan bukan berarti gue nggak pake BBM juga, tapi gue nulis ini hanya ingin memberitahukan bagaimana berBBMan yang pintar seperti Smartphone yang digunakan. Ya, pintar bukan gaya sebagai pertimbangannya. 

                              ***

● Awas, Display Name Alay

Gue setuju sama statementnya dika kalo alay itu adalah fase menuju kedewasaan, jadi mungkin banyak anak-anak seumuran gue yang masih terletak ditengah dua fase yaitu fase dimana seorang sudah melewati masa remaja tapi belum mencapai fase dewasa. Nah, fase itulah yang kita kenal dengan nama fase alay, iya fase alay kurang jelas.

Nah, fase alay ini lah yang menjadi fenomena tersendiri dikalangan anak muda jaman sekarang termasuk gue, gue juga dulu pernah alay sebelum akhirnya gue memutuskan untuk bertobat dan menjauhi fase tersebut menuju fase yang lebih baik.

Di kontak BBM gue juga banyak anak-anak yang masih terjebak di fase ini beberapa diantaranya bahkan temen gue dan mereka (kaum alay) ini dengan mudah diketahui ciri-cirinya dari display name mereka yang menggunakan font dari planet namex dengan disertai huruf-huruf yang menurut gue karya mereka sendiri dan entah itu tercantum dalam kamus besar bahasa indonesia atau memang mereka memiliki kamus besar bahasa alay versi mereka sendiri, yang ngebuat kita kalo ada perlu sama mereka harus ekstra keras dan sabar buat nyari kontaknya.

● Jangan sering nyampah di Recent Update 
 
tipe-tipe orang kayak gini bener-bener ganggu dan kerjaannya Cuma bikin “kotor” recent updates dengan gonta ganti DP tiap menit atau update status 7x tiap 1 menit dan biasanya update dari satu update-an yang lain itu nggak jauh beda, Cuma ditambah satu atau dua kata bahkan satu atau dua emoticon. Tapi itu belum seberapa menyebalkannya masih ada lagi yang lebih ngeselin dibandingkan ganti DP atau update status tiap menit. Iya, bener mereka yang ngobrol, berantem, bahkan mesra-mesraan di recent updates. Ini yang paling gue nggak paham, mungkin mereka lupa fungsi dari private chat itu buat apa, entahlah.

● Jangan Spam di Broadcast Message

Ini juga hal yang hampir tiap hari bahkan mungkin tiap jam gue temuin di BBM. Iya, Spam Broadcast Message. Gue yakin semua pengguna BBM kesel sama orang yang tiap saat kerjaannya nge-BC terus apalagi BC itu hal hal nggak penting kayak promote pin, padahal pin yang di promote aja gue nggak tau pin siapa? anak mana? udah punya pacar apa belum? cakep atau jelek kan kita nggak tau.

Ada juga yang nge-BC cuma sekedar buat test contact karena ada masalah sama hpnya, makanya harus test contact dulu biar hpnya bisa lagi, padahal orang yang test contact itu masalahnya bukan pada hpnya, tapi karena nggak ada yang BBM makanya dia ngirirm test contact buat ditemenin BBMan.

Nah, tipe spam BC nggak cuma sampe situ doang, ada juga yang nge-BC berita-berita hoax dan nggak masuk akal. Misalnya nge-BC tentang hal-hal serem atau mistis yang dimana kalo kita nggak nerusin buat nyebar BC tersebut beberapa saat lagi kita akan mendapatkan kesialan atau bahkan kutukan. Gilaaakan? Sejak kapan dan darimana sejarahnya orang yang nggak nerusin BC dapet kesialan bahkan kutukan? Sejak kapaaannn???

Kalo emang gitu mungkin nanti banyak anak-anak abg yang kena kutukan karena nggak nerusin BC yang didapet dari temen dan mungkin nanti di masa depan legenda kutukan dalam kisah malin kundang itu bakal kalah sama cerita manusia yang terkena kutukan cuma gara-gara nggak nerusin BC. Serem abeeesss…

Mungkin ada beberapa lagi hal-hal yang ngebuat pengguna smartphone keliatan nggak "smart" di mata para pengguna smartphone lainnya, cuma gara-gara beberapa faktor. Untuk itulah mari kita menjadi manusia yang lebih baik lagi dengan memanfaatkan teknologi dengan sewajarnya dan kalo bisa bermanfaat juga buat banyak orang, belajar menggunakan smartphone dengan cara yang smart. Malu dong sama gadgetnya.

5 comments

Paling males kalo Broadcast isinya tak penting

Reply

yang ngeselin emang kalo ngespam RU isinya cuma mesra2an, berantem, dan pamer kegiatan.
sama yg nge-BC isinya cum #TC -_- apabangetdah

Reply

Semoga bermanfaat :))

-www.fkrimaulana.blogspot.com

Reply

Hahaha, iya jangan cuma phonenya yang smart, tetapi usernya juga ya. Hehehe

Reply

Yap, SmartPeople than SmartPhone.

Reply

Post a Comment