Semangat #NgeblogYuk dari Sekarang!

Blog


Blog baru dan semangat baru, pastinya. Gue terjun di dunia blogging udah lumayan cukup lama, dari sekitar tahun 2010 gue udah mencoba untuk menjadi seorang blogger.

Wait! Gue masih pemula kok yang masih harus banyak belajar. Loh, kan udah hampir 4 tahun nge-blog? Iyasih, tapi pas tahun 2010-2013 gue masih main-main. Nah, baru di tahun 2014 ini gue mau serius nge-blog.

Ketika sosial media seperti Friendster tergantikan oleh Facebook dan kemudian digusur lagi oleh Twitter, gue menyimpulkan bahwa hanya blog yang nggak akan pernah basi. Blog yang gue analogikan sebagai rumah itu lengkap karena semuanya ada. Mulai dari tulisan, foto, video, bahkan widget berupa sosial media itu sendiri ada di blog. Nah, buat yang udah bosen main sosial media karena ketemu orangnya itu-itu aja, gue saranin mending nge-blog aja.

Tujuan gue bikin blog, ya buat nulis aja sih. Dan biar tulisannya dibaca orang- orang. Kenapa blog? Karena di blog bebas, gue bisa nulis sepanjang apapun yang gue mau. Nggak dibatasi karakternya kayak di twitter.

Tujuan orang nge-blog itu pasti beda- beda. Ada yang nyari duit, pengen terkenal, atau cuma pengen nulis kayak gue. Soal prinsip dasar gue nge-blog itu berbagi. Di blog ini, gue berbagi lewat tulisan biar bisa dibaca orang-orang. Ya, Sisanya itu kan nanti bisa dateng dengan sendirinya.

Yang mendorong gue nge-blog itu adalah keinginan buat jadi penulis yang gue awali dari blog. Blogger itu sebenarnya juga udah termasuk profesi, bagi gue. Makanya, gue buat jadwal yang harus gue tepati setiap minggunya. Gue buat semacam deadline. Bahwa setiap seminggu sekali, gue harus publish postingan.

Kenapa cuma seminggu sekali, kenapa nggak setiap hari? Kalo kebanyakan, nggak efektif. Gue pernah dalam seminggu bisa publish postingan beberapa kali, tapi menurut gue, itu bisa jadi blunder. Ketika misalnya kita udah lelah, pembaca yang dalam seminggu bisa baca 3-4 postingan, malah kecewa karena dalam seminggu kita nggak bisa menghasilkan postingan sama sekali. Gue nggak mau kayak gitu. Kayak yang gue bilang di atas, blogger itu udah termasuk profesi. Jadi gue harus punya jadwal buat mengatur semuanya.

Tetap semangat buat nge-blog guys, thanks udah mau mampir untuk sekedar baca-baca dan komentar di blog baru gue. Keep Enjoy Blogging \o/

Post a Comment